Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara melihat sisa RAM di hp android

RAM adalah singkatan dari Random Acces Memori yang merupakan memori penyimpanan sementara. Berbeda dengan ROM yang merupakan memori penyimpanan tetap. RAM sangat diperlukan oleh HP karena untuk menjalankan aplikasi atau game perlu RAM, bahkan untuk mengakses menu pengaturan hp ataupun membuka pesan juga perlu RAM. Makin besar ukuran RAM maka makin bagus karena jika hp android kita kehabisan RAM bisa berakibat hang atau bootloop yang mana bisa berakibat fatal. Karena itu Blog Sarilah akan bagikan cara melihat sisa RAM di android  agak penting agar hp android kita tidak sampai hang atau malah bootloop gara-gara RAM habis.

Sebelum bahas cara melihat sisa RAM di hp android maka ada baiknya kita tahu jumlah RAM di hp android kita. Jumlah RAM di hp android bermacam-macam, semakin mahal hp nya maka biasanya RAM nya semakin besar. Untuk hp china dibawah sejuta biasanya mempunyai RAM sekitar 512 mb sampai 1 gb walau ada juga sekarang hp china lokal yang mempunyai RAM  2 gb harganya sejuta saja. Jika mempunyai RAM 1 gb lalu kita pakai buat buka facebook biasanya nanti akan berkurang misalnya menjadi 800 mb. Itu cuma buka facebook belum aplikasi lainnya. Bisa dibayangkan jika kita membuka banyak aplikasi dan game bisa habis RAM kita dan hp android pun menjadi hang. Karena itu cara melihat sisa RAM di hp android cukup penting. (Jika aplikasi tak bisa mengakses internet silahkan baca Cara mengatasi aplikasi yang tak bisa mengakses internet)

Ok, begini cara melihat sisa RAM di hp android. Pertama masuk ke pengaturan lalu pilih manager aplikasi atau aplikasi terinstal atau aplikasi saja, tergantung menu masing-masing hp.



Setelah itu akan terlihat banyak aplikasi yang ada di hp android anda. Biasanya ada tulisan di download. Maksudnya adalah aplikasi yang telah kita download dan instal di hp android. Geser menu ke kiri sampai terlihat tulisan berjalan.



Nah, terlihat bukan jumlah sisa RAM di hp kita. Mudah saja bukan cara melihat sisa RAM di hp android. Jika memang jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah yang semestinya tak masalah. Misalnya hp android kita jumlah RAM nya 1 GB tapi yang terlihat cuma 890 MB saja itu hal wajar karena memang tidak full 1Gb. Biasanya yang tak terlihat itu untuk sisa sistem RAM. (Silahkan lihat Cara menambahkan huruf arab, jepang, india di android tanpa aplikasi untuk membuat unik hp android anda)



Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

Posting Komentar untuk "Cara melihat sisa RAM di hp android"