Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara menampilkan subtitle film di android

Film merupakan media hiburan yang banyak disukai orang selain musik. Dulu untuk menikmati film kita harus ke bioskop atau menyalakan tv, tapi kini untuk menonton film kita cukup menggunakan hp android kita saja. Sebagian film terutama film barat dari hollywood memakai bahasa inggris sebagai percakapannya. Untuk orang yang mengetahui bahasa inggris sih tidak masalah, tapi bagaimana jika kita tak paham bahasa inggris tentu kebingungan dengan jalan ceritanya. Karena itulah kita perlu memunculkan subtitle atau teks film di android agar kita mengerti alur filmnya.

Cara menampilkan subtitle film di android sebenarnya cukup mudah kok. Tapi bagi sebagian orang terutama pemula tentu kebingungan bagaimana caranya agar subtitle film terutama subtitle indonesia muncul.

Cara memunculkan teks bahasa indonesia di android menggunakan aplikasi. Nama aplikasi nya adalah MX Player. Sebenarnya selain MX Player masih ada beberapa aplikasi android yang bisa menampilkan subtitle film tapi karena Blog Sarilah biasa memakai MX Player maka kita pakai cara itu saja ya.

Cara menampilkan subtitle film di android:

  • Pertama download aplikasi MX Player di playstore. Ukurannya tidak terlalu besar hanya 10 mb saja. MX Player bisa untuk semua hp android O.S.2.2 froyo keatas. Jika saat download jadi download tertunda atau eror tak mau jalan silahkan baca cara mengatasi download eror di playstore. Tapi jika anda malas ke playstore atau hp android nya belum ada playstore silahkan download MX Player.
  • Instal aplikasi nya lalu buka. Silahkan pilih film yang mau diputar di mx player. Sebelum nya hidupkan dulu internet nya karena untuk download subtitle film butuh koneksi internet. Cara untuk menampilkan subtitle film di android adalah pilih menu. Menu nya ada di pojok atas sebelah kanan yang berupa tiga titik.
  • Nanti ada beberapa pilihan. Pilih saja teks film online.

  • Setelah itu ada bermacam pilihan. Pilih saja pencarian.

  • Sedikit lagi kita akan bisa menampilkan subtitle film di android. Selanjutnya masukkan judul filmnya di kolom pencarian atau kalau tak mau ribet tinggal centang saja tanda kotak tersebut. Nanti otomatis akan muncul tulisan sesuai dengan film yang kita putar. Contoh aku mencari subtitle indonesia film Alien: Covenant.

  • Jangan lupa klik Oke ya. Nanti akan muncul subtitle film yang muncul. Perlu diketahui bahwa subtitle film yang muncul berasal dari situs opensubtitles.org. kekurangan dari situs opensubtitles.org adalah kurang banyak dalam menampilkan subtitle indonesia. Tapi kalau subtitle inggris banyak dan lengkap.

  • Selanjutnya tinggal anda centang saja salah satu subtitle yang muncul lalu klik unduh. Nanti otomatis aplikasi Mx Player akan mengunduh dan subtitle pun sudah muncul di Mx Player. Mudah bukan cara menampilkan subtitle film di android.

Sekedar informasi saja. Film di internet itu terbagi dalam beberapa format yaitu Bluray, Hdrip, Web-dl, Dvdrip, Tsripvdan Camrip. Jika film yang anda putar formatnya Bluray maka pilihlah subtitle film yang bluray juga. Karena jika film yang kita putar formatnya adalah bluray tapi subtitle nya Camrip maka tak akan sesuai antara obrolan dengan teks film.

Seperti yang aku jelaskan diatas. Aplikasi Mx Player mengambil subtitle indonesia dari situs opensubtitles.org tapi setahu saya situs tersebut kurang banyak menyediakan subtitle indonesia. Untuk film yang baru tayang di bioskop subtitle indonesia nya agak jarang atau malah tak ada.

Situs atau website yang banyak menyediakan subtitle indonesia adalah Subscene.com. sebenarnya selain Subscene juga ada situs lain yang menyediakan subtitle tapi kebanyakan subtitle inggris.

Subscene banyak menyediakan subtitle indonesia walaupun filmnya baru beberapa hari tayang di bioskop ataupun di internet. Mungkin karena di subscene usernya kebanyakan dari indonesia.

Sekarang akan aku bagikan cara memunculkan subtitle film di android jika cara diatas tidak ada subtitle indonesia nya.

Pertama silahkan download subtitle indonesia di subscene. Silahkan masukkan judul filmnya lalu klik search. Nanti akan banyak pilihan film, carilah film yang dituju lalu download subtitle indonesia. Subtitle indonesia dari subscene biasanya berbentuk file zip.

Ekstraklah atau buka file subtitle dengan manager file. Setelah itu ubahlah nama subtitle film tersebut agar sama denagn nama filmnya. Contohnya saja ya.

  • Alien Covenant (2017) BluRay.Mp4
  • Alien Covenant (2017) BluRay.srt
Ingat, besar kecilnya huruf cukup berpengaruh. Setelah itu buatlah sebuah folder baru lalu masukkan film dan subtitle nya dalam folder tersebut. Buka Mx Player maka subtitle indonesia sudah ada dalam filmnya.

Selain cara diatas maka ada lagi cara menampilkan teks bahasa indonesia di film hollywood atau film asing lainnya. Buka aplikasi Mx Player lalu pilih menu. Menu adanya dipojok kanan atas yang berupa tiga titik.




Setelah itu klik Pilih teks film. Setelahnya pilih lagi buka.


cari subtitle indonesia hasil download di subscene. Misalnya kita meletakkan hasil download subtitle indonesia nya di folder download. Nanti akan subtitle nya. Klik saja maka film pun sudah ada bahasa indonesia nya.



Selamat menikmati film dengan subtitle indonesia ya. Jika cara diatas masih kurang jelas silahkan berikan komentar agar aku tahu dimana masalahnya. Selamat menonton film ya. Aplikasi Mx Player kalo di stop biasanya akan muncul iklan. Untuk menghilangkan iklannya silahkan baca cara menghilangkan iklan di android tanpa root.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

Posting Komentar untuk "Cara menampilkan subtitle film di android"