Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi sinyal 4G 3G yang tidak muncul di hp Sharp Aquos dan Fujitsu

Bagi anda pengguna baru hp Sharp Aquos ataupun Fujitsu yang baru membeli tentu agak bingung. Sudah memasukkan kartu SIM tapi kok sinyal 4g lte, 3g hsdpa atau edge dan gprs kok tidak muncul, padahal kartu tersebut sudah diregistrasi.

Penyebab tidak munculnya sinyal 4g ataupun 3g adalah karena handphone asal Jepang itu belum disetting APN nya. Perlu diketahui bahwa hp Sharp ataupun Fujitsu yang masuk ke Indonesia kebanyakan hp BM (black market) jadi kartu SIM operator tidak bisa otomatis memunculkan setting internet, lain dengan hape yang beredar secara resmi, pasti bisa seperti hp Samsung, Xiaomi, ataupun Oppo.

Tapi tenang saja, kita tinggal buat jalur akses internet maka bisa digunakan untuk internetan. Berikut caranya:

Masuk ke Settings atau pengaturan.


Setelah itu pilih More di bagian wireless and Network. Itu jika memakai Sharp SH01G, mungkin berbeda dengan hp lainnya tapi intinya ada di bagian wireless and Network.


Setelah itu pilih Network Celluler atau Celluler Networks, sesuaikan saja dengan hp Fujitsu atau Sharp kalian ya.



Kemudian pilih Access Point Name atau disingkat APN.


Pada saat pertama kali masuk maka tidak ada settingan untuk internet. Tinggal klik tombol plus untuk membuat APN baru. Lihat gambar ya yang aku tandai warna oranye.


Tinggal masukkan data yang diperlukan. Gambar di bawah ini adalah APN untuk operator Indosat. Setelah itu klik Save atau simpan ya.

Untuk pengaturan APN bisa juga diisi sebagai berikut untuk semua operator GSM seperti Indosat, Telkomsel, Axis, XL, dan Tri. Mungkin bisa juga untuk smartfren tapi karena aku tidak ada kartu SIM nya jadi tidak bisa mencoba. Ini APN nya:
  • Name: internet
  • APN: internet
  • Username: internet
  • Password: internet
Setelah itu piih jalur akses tersebut untuk internetan, insya Allah sudah muncul jaringan 4g ataupun 3g, tergantung paling kuat mana sinyalnya.

Demikian informasi cara mengatasi hp Sharp tidak bisa koneksi internet. Kesimpulan dari artikel ini adalah handphone asal negeri sakura tersebut tidak bisa mengakses dunia maya karena tidak ada APN atau belum dibuatkan APN yang sesuai operator seluler masing-masing.

Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

1 komentar untuk "Cara mengatasi sinyal 4G 3G yang tidak muncul di hp Sharp Aquos dan Fujitsu"


  1. Yaa!! Intinya sebelum main barang BM kita juga harus siap dan terima resiko yang bakal terjadi nanti, Apabila ada hal aneh yang berbeda sama smartphone non BM..😄😄


    Kalau cari Rondo harus nyeting juga nggak kang..😂😂😂😂😱

    BalasHapus