Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara update software Sharp Aquos Docomo

Cara update software Sharp Aquos DoCoMo

Salah satu kelebihan hp Sharp yang aku tahu adalah smartphone asal Jepang itu akan selalu mendapat update OS android terbaru selama dua tahun, mirip dengan handphone Nokia. Sayangnya tidak semua tahu karena memang untuk update versi sistem operasi androidnya tidak bisa dengan cara biasa seperti Xiaomi Redmi Note 4.

Mengapa Sharp Docomo tidak bisa dengan cara update biasa? Karena hape ini sebenarnya hanya diedarkan di Jepang saja, jadi ketika dipakai di Indonesia, ada cara khusus untuk mendapatkan upgrade OS terbaru, misalnya untuk Sharp SH01G, dari yang 4.2 Jelly Bean bisa naik ke 4.4 kitkat dan juga 5.0 Lollipop. Hal yang berbeda jika anda membeli hape Samsung seri low end, seperti Samsung j1, sejak beli tak pernah dapat naik OS nya. Sebenarnya tak adil juga membandingkan Sharp SH01G dan Samsung j1 karena biarpun lebih murah, Sharp SH01G yang harganya sekarang 600 ribu dulunya adalah smartphone mahal kelas atas yang harganya lima juta.

Baiklah, tak perlu panjang lebar lagi, berikut cara update software Sharp Aquos Docomo:

Pertama copot kartu sim ya. Hal ini penting karena Sharp DoCoMo adalah smartphone asal Jepang, sehingga jika terdeteksi memakai simcard asal Indonesia maka tak akan bisa untuk update. Pengecualian untuk handphone Sharp yang beredar secara resmi di tanah air seperti Sharp M1, Sharp Z2, atau mungkin yang memiliki sistem operasi Android One karena memang untuk peredaran global.

Setelah mencopot simcard, langkah selanjutnya ialah memakai jaringan WiFi. Disarankan pakai WiFi yang jaringannya cepat ya, karena untuk update sistem operasi diperlukan untuk yang besar, bisa mencapai 500 MB sampai satu GB, tergantung handphone masing-masing. Kemudian aktifkan VPN dan pilih server Jepang. Jika belum tahu caranya silahkan baca cara menggunakan VPN di Sharp DoCoMo tanpa aplikasi.

Sebelum memulai update baterai harus diatas 80% ya karena akan memakan waktu yang lama. Setelah itu masuk ke Settings atau pengaturan lalu pilih About Phone.


Setelah itu pilih software update  yang terletak dibawah Adjust sensivity of sensor.


Kemudian pilih kembali Start Update. Jika ada update terbaru maka akan muncul, baik itu update OS ataupun patch keamanan, tapi jika tak ada berarti memang versi android hp anda cuma sampai segitu.


Jika ada pembaharuan maka silahkan klik perform now. Mungkin tiap handphone beda-beda namanya sih, tapi intinya sama saja. Setelah itu tunggu beberapa saat sampai selesai. Harap diperhatikan baterai harus diatas 60%, karena untuk menginstal akan memakan waktu lama, jika anda khawatir bisa sambil di charger. Smartphone akan restart dan selamat, Kini ponsel pintar Anda sudah memiliki OS android terbaru.


Mudah sekali bukan caranya. Jika anda tidak mendapatkan upgrade OS, coba hape Sharp nya di reset atau kembali ke pengaturan semula, tapi data yang anda akan hilang. Silahkan backup data dulu ya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

1 komentar untuk "Cara update software Sharp Aquos Docomo"