Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengganti keyboard bawaan Sharp Docomo

Sharp Docomo adalah smartphone asal Jepang yang beredar di Indonesia lewat toko online. Salah satu kelebihan nya ialah harganya yang murah tapi fiturnya lengkap. Hanya dengan uang sejuta sudah bisa mendapatkan hp yang memakai prosesor Snapdragon 820 dan juga fitur keamanan pemindai mata seperti Sharp shv 34 atau yang lebih murah lagi Sharp 04g cuma 600 ribu tapi layar sudah 5.5 inci, kamera 13 MP dan ram 2 gb.

Tapi karena ponsel pintar ini aslinya cuma dijual di Jepang maka keyboard bawaan nya masih memakai huruf kanji atau kalaupun ada abjadnya juga kadang menyulitkan untuk mengetik, entah untuk kirim SMS atau buat status FB.

Tapi tenang saja, karena Blog Sarilah akan bagikan tips cara mengganti keyboard bawaan Sharp Docomo agar bisa menulis seperti biasa. Baiklah, tak usah panjang lebar langsung saja admin bagikan caranya.


  • Pertama masuk ke menu settings atau pengaturan.
  • Kedua, pilih language and input
  • Ketiga, pilih lagi current selected keyboard.
  • Hampir selesai, keempat pilih Gboard atau Google keyboard. Secara default sebenarnya Gboard sudah ada di setiap handphone android, tapi jika tidak ada silahkan cari di play store ya. Jika anda sudah memakai kartu SIM tapi internet tetap tidak muncul padahal data sudah dinyalakan, silahkan baca Cara setting internet di Sharp Docomo untuk mengatasi nya.
  • Selesai, sekarang coba anda pakai untuk mengetik sms atau membuat status Facebook, keyboardnya sudah memakai Gboard. Jadinya lebih mudah dipahami bukan daripada memakai keyboard huruf kanji kecuali jika anda mahir tulisan dari negeri matahari terbit itu.
Salah satu kekurangannya, biarpun sudah memakai Gboard tapi kamus yang muncul jika kita mengetik huruf adalah kamus dalam bahasa Inggris, hal itu karena hp Sharp DoCoMo masih menggunakan bahasa Inggris sebagai sistem nya.

Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengubah ke bahasa Indonesia dengan aplikasi morelocale 2 tapi memerlukan akses root.

Demikian informasi cara mengubah keyboard Sharp Docomo seperti Sharp Sharp 01g, Sharp Aquos SH 04g dan lainnya. Semoga bisa membantu anda semuanya.
Agus Warteg
Agus Warteg Hanya seorang blogger biasa

2 komentar untuk "Cara mengganti keyboard bawaan Sharp Docomo"

  1. Betul sekali kang...cuma sayangnya Sharp Docomo maupun Aquos bukan untuk pasar indonesia sebenarnya....Tapi anehnya banyak itu barang Di indonesia..😂😂😂

    Pernah beli Sharp Aquos via Online dikirimnya dari batam malah...Kalau beli dijakarta kategorinya tangan kedua harganya lebih mahal..😱😱😳😳 Yaa selidk punya selidiknya ternyata emang bukan untuk pasar Indonesia.😱😱

    Sharp hpnya bagus juga sih..Cuma masih kalah sama Fujitsu atau Panasonic dan Himax...Meski bukan untuk edar Di indonesia Keyboardnya tetap umum. Dari segi penjualan harga pasar Sharp juga kalah sama 3 saudara sekampungnya..😂😂

    Ngemeng aje gw kaya tukang dagang..😂😂😂

    Emang tukang dagang..😱😱😳😳😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata kang satria banyak juga pengalaman nya ya, kalo hp Fujitsu nya ga kepake buat aku aja kang, lumayan buat bikin artikel (ngarep) hihihi..😂

      Hapus